Lafaz niat sholat istiharah dan cara pngerjaannya di sertai do’a

Dalam menjalani hidup suatu saat tentu kita akan di hadapi dengan suatu pilihan yang sulit kita tentukan mana yang terbaik untuk kita namun kita ragu untuk menentukan pilihan.

Dalam situasi yang seperti ini, hendaklah kita berserah kepada allah swt, meminta petunjuk kepadanya dengan sholat istikharah agar kita bisa menentukan yang terbaik untuk kita. Karna allah yang maha mengetahui segalanya.

Sebagai mana firman allah dalam al’qur’an

Allah Ta’ala berfirman:

ﻭَﺭَﺑُّﻚَ ﻳَﺨْﻠُﻖُ ﻣَﺎ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻭَﻳَﺨْﺘَﺎﺭُ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﺨِﻴَﺮَﺓُ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ
ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻋَﻤَّﺎ ﻳُﺸْﺮِﻛُﻮﻥَ . ﻭَﺭَﺑُّﻚَ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ﻣَﺎ ﺗُﻜِﻦُّ ﺻُﺪُﻭﺭُﻫُﻢْ ﻭَﻣَﺎ
ﻳُﻌْﻠِﻨُﻮﻥَ . ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻻ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﻫُﻮَ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄُﻭﻟَﻰ ﻭَﺍﻟْﺂﺧِﺮَﺓِ
ﻭَﻟَﻪُ ﺍﻟْﺤُﻜْﻢُ ﻭَﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺗُﺮْﺟَﻌُﻮﻥَ

“Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kalian
dikembalikan.” (QS. Al-Qashash: 68-70)


Cara pelaksanaan sholat istikharah.
   Adapun cara pelaksanaan sholat istikharah hampir sama dengan sholat sunnat lain pada umumnya.
Lafaz niat sholat istikharah

image
Ushalli Sunnatal Istikharaati Rak’ataini Lillahi Ta’aala
Artinya:
Sahaja Aku sembahyang sunnat istikharah 2 rakat kerana Allah Ta’ala
Kemudian melakukan :
1. Takbir (Allahu Akbar) seraya membaca niat dalam hati : Saya sholat istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala
2. Kemudian membaca surat al-fatihah dilanjutkan dengan surat Al’ kafirun,lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku’, i’tidal, sujud dsb)
3. Pada raka’at kedua kembali membaca alfatihah lalu dilanjutkan membaca surat Al’Ikhlash, lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku’, i’tidal, sujud dsb)
4. Salam
Setelah melaksanakan sholat 2 raka’at bisa langsung berdo’a untuk memohon pilihan yang terbaik menurut Allah
Ini dia do’anya sob..

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺘَﺨِﻴﺮُﻙَ ﺑِﻌِﻠْﻤِﻚَ ﻭَﺃَﺳْﺘَﻘْﺪِﺭُﻙَ

ﺑِﻘُﺪْﺭَﺗِﻚَ ﻭَﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻠِﻚَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴﻢِ

ﻓَﺈِﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﺪِﺭُ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﻗْﺪِﺭُ ﻭَﺗَﻌْﻠَﻢُ ﻭَﻟَﺎ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻋَﻠَّﺎﻡُ ﺍﻟْﻐُﻴُﻮﺏِ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺖَ

ﺗَﻌْﻠَﻢُ ﺃَﻥَّ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺄَﻣْﺮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻟِﻲ ﻓِﻲ ﺩِﻳﻨِﻲ

ﻭَﻣَﻌَﺎﺷِﻲ ﻭَﻋَﺎﻗِﺒَﺔِ ﺃَﻣْﺮِﻱ ﺃَﻭْ ﻗَﺎﻝَ ﻋَﺎﺟِﻞِ

ﺃَﻣْﺮِﻱ ﻭَﺁﺟِﻠِﻪِ ﻓَﺎﻗْﺪُﺭْﻩُ ﻟِﻲ ﻭَﻳَﺴِّﺮْﻩُ ﻟِﻲ ﺛُﻢَّ

ﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﻲ ﻓِﻴﻪِ ﻭَﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺖَ ﺗَﻌْﻠَﻢُ ﺃَﻥَّ ﻫَﺬَﺍ

ﺍﻟْﺄَﻣْﺮَ ﺷَﺮٌّ ﻟِﻲ ﻓِﻲ ﺩِﻳﻨِﻲ ﻭَﻣَﻌَﺎﺷِﻲ ﻭَﻋَﺎﻗِﺒَﺔِ

ﺃَﻣْﺮِﻱ ﺃَﻭْ ﻗَﺎﻝَ ﻓِﻲ ﻋَﺎﺟِﻞِ ﺃَﻣْﺮِﻱ ﻭَﺁﺟِﻠِﻪِ

ﻓَﺎﺻْﺮِﻓْﻪُ ﻋَﻨِّﻲ ﻭَﺍﺻْﺮِﻓْﻨِﻲ ﻋَﻨْﻪُ ﻭَﺍﻗْﺪُﺭْ ﻟِﻲ

ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَ ﺣَﻴْﺚُ ﻛَﺎﻥَ ﺛُﻢَّ ﺃَﺭْﺿِﻨِﻲ به

 
Allahumma inniy astakhiiruka bi‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhim,fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa ‘Abdullah’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amru khairul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” atau; ‘Aajili amriy wa aajilihi faqdurhu liy wa yassirhu liy tsumma baarik liy fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amru syarrul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” aw qaola; fiy ‘aajili amriy wa aajilihi fashrifhu ‘anniy washrifniy ‘anhu waqdurliyl khaira haitsu kaana tsumma ardify bihi.”


Artinya:

ya allah, sesungguhnya aku memohon pilihan (yang tepat) kepadamu dengan ilmu (yang ada pada)-mu. Dan aku memohon kekuasaan mu (untuk menyelesaikan urusan) dengan kodratmu. Dan aku memohon kepadamu sebagian karuniamu yang agung, karna sesungguhnya engkau maha kuasa dan aku tidak berkuasa. Dan engkau maha tahu sedangkan aku tidak tahu, dan engkau maha mengetahui perkara yang gaib.

Ya allah, sekiranya engkau tahu bahwa urusan ini……… [sebutkan urusan yang dimaksud] untukku, agamaku dan kehidupanku, serta lebih baik pula akibatnya di dunia dan alhirat. Maka, takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku. Kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan sekiranya engkau tahu bahwa urusan ini …….. [sebutkan urusan yang dimaksud] lebih buruk untukku, agamaku, dan kehidupanku, serta lebih buruk pula akibatnya di dunia dan akhirat. Maka jauhkanlah urusan ini dariku. Dan takdirkanlah kebaikan untukku dimanapun dan jadikanlah aku ridha menerimanya.

  Waktu pepaksanaan sholat istikharah.
waktu yang paling tepat untuk pelaksanaan sholat istikharah adala akhir sepertiga malam yaitu sekitar pukul 02:00 am sampai datangnya waktu subuh.
Oh.. Ya… Sob
Sebaiknya dalam berdo’a gunakan bahasa yang sobat ngerti..

0 komentar:

Posting Komentar